Tinggalkan komentar

Seputar Alergi Pada Anak


Alergi pada anak terkadang mudah dideteksi terkadang akan sangat jelas untuk mengetahuinya.

Beberapa minggu yang lalu si adek keluar banyak bisul dikepalanya. pertama-tama hanya berupa bintik bintik merah seperti biang keringat, tapi lama lama membesar dan menjadi bernanah. Kasian dia sampai kalo malam ga bisa tidur coz ga bisa naruh kepalanya dibantalšŸ˜¦

Pertama kali ke dokter semua makanan dilarang, ikan, telor,ayam and terutama snack yang mengandung MSG. Sebenarnya aq kurang sreg dengan dokter yang satu ini coz dia ga pake acara melihat lebih dekat si adek, cuma sekilas aja, padahal aq sudah bilang bahwa dibelakang telinga itu ada benjolan besar yang kayaknya bukan bisul. cuma bilang ga usah sering2 dipegang.

jadi si dedek cuma dikasih antibiotik sama buat alergi aja, hadeh bener-bener dokter ini…..bikin spaneng. malah yang kasih banyak penjelasan itu perawatnyašŸ˜¦ memang sih ada perubahan. bisulnya berkurang dan kering. tapi itu tidak berlangsung lama. Hanya dua harian kalo ga salah. bisulnya kembali lagi muncul bahkan lebih banyak dari sebelumnya.

Akhirnya setelah seminggu ga ada perubahan berarti, daqu pergi ke dokter lainnya. karena hari itu hari minggu, jadi hanya bisa ke UGD. Tapi apa boleh buat dari pada lihat adek ga bisa tidur malam hari.

Dokter yang ini welcome banget sama anak kecil, telaten membujuk adek buat nunjukin bisulnya dan bejolan dibelakang telinganya. Menurut dia sih adek ini memang alergi. tapi belum diketahui alergi apa, jadi mesti distop susunan makananya.

Alergi yang pertama menurut dia adalah telor, kemudian coklat, disusul ayam, terus ikan.

Untuk susu ga perlu di stop karena selain sudah dikonsusmsi lama dan ga ada masalah, takutnya klo susu diganti si adek malah ga mau minum susu dan tambah sakit. jadi susu diletakkan di urutan terkahir yang harus dihentikan klo bisulnya masih terus.

Menurut dia terkadang alergi itu merangsang kelenjar tiroid. itulah mangkanya dibelakang telinga adek ada benjolan besar. itu adalah kelenjar tiroid yang membengkak karena alergi dan akan kempes sendiri jika alerginya dah hilang. ( dan emang bener sih begitu bisulnya hilang bejolan dibelakang telingan juga kempes)

dia meresepkan obat alergi, anti biotik dan salep. menurut dia bisul itu harus dikeluarkan dan dimatangkan. salah satu caranya adalah dengan mengompres bisul dengan handuk yang telah direndem air panas dan tempelkan di tempat yg ada bisul biarkan sampai dingin. kemudian diganti lagi, selain untuk mengopress seklian juga untuk membersihkan sisa sisa salep yang menempel. emmang sih setelah dikompress dan di kasih salep bisulnya jadi matang.

bisul ini memang luar biasa ga kempes2 sampai sampai seminggu, satu kempes, muncul lagi lainnya sampai kasihan lihat dedek ga bisa tidur dengan tenang.

Karena dedek ga sembuh sembuh, aq jalan 2 arah obat dari dokter sama cara tradisonal.

Obat dari dokter itu sih mujarap, secara bisulnya sepertinya dikeluarkan semua biar lebih cepat sembuhnya dan ga keluar keluar lagi. Kedua aq kompres kepalanya dengan daun imbo, ini resep dari ibu.

caranya dengan merebus daun imbo (tapi mesti dengan batangnya ya, karena terkadang klo cuma daunnya kurang mujarap) biarkan mindidih beberapa saat. kemudian kompreskan dengan bantuan handuk. setelah dikasih ini si dedek tidak terlalu sering garuk garuk kepalanya sih. lebih nyaman dengan cara kompress ini. bisulnya lebih cepet kering.

selain itu aq juga mengalungkan timah hitam, menurut my hubby sih, timah ini bisa menyerap racun-racun yang menyebabkan bisulan. ini sih kepercaannya turun temurun. tapi ga ada salahnya dicoba.

Alhamdulillah sekarang bisul dikepala adek dah hilang smua. efeknya adalah kepalanya jadi pitakšŸ˜¦ jadi ga keren deh. Padahal pas banyak bisulnya kemaren dia dah digundul plontos, maksudnya biar cepet kering bisulnya. eh sekarang tumbuhnya jadi ga rata. semoga cepet tumbuh lagi deh rambutnya biar ganteng lagi

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: