Tinggalkan komentar

Toilet Training


Dijaman sekarang ini dimana dunia semakin moderen, makin banyak item2 yang membantu untuk membuat semuanya menjadi lebih mudah. Termasuk didalamnya alat alat dan kelengkapan bayi yang membuat moms lebih ringan pekerjaannya.

Salah satunya adalah diapers. Biasanya karena sudah terbiasa menggunakan diapers dari bayi, moms biasanya kesulitan untuk memberikan toilet training bagi si kecil.

Just like my little Ian. Meski usianya dah lebih dari 2 tahun dia masih menggunakan diapers sampai sekarangan meskipun itu cuma malam hari aja. Coz daqu sudah ga bisa lagi bangun terus sepanjang malam karena faktor U😀

Berikut pengalamanq memberikan toilet training buat si adek.

Saat si adek masuk usia hampir 2 tahun sudah ada keinginan untuk memberikan toilet training, tapi belum bisa kesampaian juga coz waktu besama adek cuma hari minggu 😦

Kebetulan ada libur panjang jadi  rencana toilet training ini baru bisa terlakasana.

Langkah pertama untuk toilet training ini adalah moms harus besabar dan mengajak si kecil ke kamar mandi, minimal 1 jam sekali sampai anak bisa merasakan saat dia memang mau kencing atau tidak. And ini butuh kesabaran tinggat tinggi, coz tidak semua anak langsung mau pipis begitu diajak ke kamar mandi. Terkadang kita harus menunggu selama 15 menit agar adek mau pipis. Apalgi pas ngajari BAB bisa nunggu sampai 1/2 jam lebih. hadeh….

Untuk si adek butuh ini waktu lebih dari seminggu untuk toilet training, beda dengan mbaknya yang cuma butuh waktu 2 hari saja…dan tanpa acara ngompol dimalam hari.

Hari pertama dedek belajar toilet training, dia ngompol lebih dari 5 kali sehari, meskipund di sela2 itu dia waktu diajak ke kamar mandi sudah pipis. bener2 repot sih. apalagi dia kalo ngompol ga liat2 tempat. berkali kali daqu mesti mencuci mainannya gara2 kena ompol. belum lagi mesti cuci bantal, guling and tempat tidur yang  berkali kali jadi korban ngompolnya dia 😦

ke dua ajak si adik ke kamar mandi minimal 10 menit setelah dia minum susu atau lainnya, sebelum tidur dan terutama bangun tidur. seperti halnya adek, klo begitu kelihatan dia membuka mata harus buru2 diangkat ke kamar mandi, klo ga….pasti ngompolnya banyak banget.

Beruntungnya baik kakak or adek ini klo mau pipis itu pasti ngasih tanda, klo kakaknya dulu itu dia banyak geraknya klo pas lagi tidur dianya mau pipis. sedangkan si adek selain banyak gerak dia juga melek dulu, jadi lebih aman 🙂

Untuk mengajari BAB moms harus tahu jam berapa atau setelah makan apa biasanya adik BAB. biasanya anak kecil memberikan tanda2 yang berbeda pada saat dia ingin BAK or BAB. ini yang harus dipahami moms untuk memperlancar toilet training.

dan yang terpenting dari smua itu adalah setelah moms memberikan toilet training jangan sekali kali moms melanggarnya dengan memakainkan diapers ke si kecil even only for a couple hours. karena itu akan merusak acara toilet trainingnya. dan moms mesti negulanignya dari awal lagi. Klo memang moms punya acara yang mengharuskan si kecil memakai diapers sebaiknya ditunda dulu jika bisa.

Dulu pas adik masih toilet training sempat kebobolan 1 hari dia pake diapers, padahal itu sudah hari yang ke 8 dia ga pake diapers dan dia sudah bisa menahan kencing sampai dia benar2 ada di kamar mandi. setelah 1 hari pake diapers, besoknya dia ngompol bolak balik 😦 jadi mesti ngajari lagi dari awal 😦

So moms jika memang mau toilet training, memang harus disediakan waktu luang buat moms untuk melakukannya dan dukungan dari orang2 sekitar untuk ikut berpartisipasi biar acara toilet trainingnya dapat berjalan lancar dan sukses…

yang perlu diinget juga moms biasanya mengajari anak perempuan toilet training jauh lebih mudah dari pada mengajari anak laki2 (disadur dari pengalaman saudara2 dan temen2 sih)

Met mencoba….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: