Tinggalkan komentar

Ketika Ian di diagnosa kena types n gejala DB


awal bulan maret lalu ian sakit panas, pertama tama emang ta pikir cuma panas biasa karena dia kecapean or mau batuk/pilek. jadi cuma dikasih obat panas aja dan diberi minum banyak.
Cuman saat itu sedikit heran sih coz dikasih obat panas, panasnya cuma turun sebentar n selain itu biasanya klo dikasih ASI langsung keringetan and trus turun deh panasnya tapi ini ASI ga ngaruh sama sekali, panasnya turun ga sampai 5 menit trus naik lagi..
Tapi berhubung ada rencana keluar kota beramai-ramai keheranan ini daqu abaikan aja. secara si kakak ga mau ikut klo adiknya ga diajak.
emang sih selama perjalanan adek kelihatan seneng banget coz dia belum pernah naik bis, belum lagi duduknya didepan he looked so excited, dengerin pak sopir ngebel-ngebel terus.
cuman selama di lokasi darmawisata dia ga mau jalan sama sekali n pipisnya dikit banget. and selama perjalanan pulag maunya minum ASI terus ga mau lepas😦
Seninnya q pikir adek cuma kecapean aja makanya panasnya ga turun2. Tapi tetep aja hati ini ga tenang coz minumnya dah ASI terus tapi panas ga turun sama sekali.
Akhirnya hari selasa pagi kuputuskan tuk bawa ke dokter. dan setelah tes lab ternyata adek didiagnosa terkena typus and gejala DB dan mesti rawat inap coz trombositnya cuma 176 sedangkan menurut dokter harusnya klo adak dibawah 2 tahun trombositnya minimal 200.dan takut turun terus as klo anak kecil trombosit gampang sekali turun.
Nyesel rasanya ga segera bawa adek ke dokter. setelah mendapat surat pengantar adek segera diantar ke kamar dan langsung diinfus, pengen nangis jadinya lihat tangan adek dipasangi infus. tapi daq harus kuat coz klo ibunya gugup biasanya nular ke anaknya apalagi klo masih ngasih ASI.
Alhamdulillah infus bisa langsung dipasang, ga kayak anak sebelah yang sampai berkali kali baru infus bisa dipasang.
hari pertama dirawat panas adik ga turun2 meski dah diberi obat panas bahkan sampai 39 derajat bener2 bikin hati deg degan, dan semalaman mintanya di gendong terus😦
paginya waktu tes darah hasilnya trombosit turun drastis jadi 136 dan besoknya masih turun lagi bikin aq stress padahal sudah dikasih obat tuk naikkan trombosit.
Adek ga seberapa doyan makan. ada banyak saran dari kerabat dan teman untuk menaikkan trombosit dengan cepat. tapi karena ada typesnya adik ga boleh sembarangan, cuman boleh dikasih sari kurma.
Padahal ada temen yang bilang makan kurma yang masih ada gagangnya itu paling cepet naikkan trombosit( tapi harus yang bener2 masih ada gagangnya,(bukan kurma yang biasa yang ga bergagang)lebih cepat dari pada jambu biji. dia telah membuktikan sendiri waktu kena DB tombositnya bisa melejit cepat setelah mengkonsumsi kurma bergagang tsb.
Tapi sayangnya kurma tidak boleh dikonsumsi oleh penderita types karena dia berserat tinggi.
Bener2 kelimpungan deh. coz sampe hari ke 3 trombosit masih terus turun padahal dah dikasih sari kurma. dan salah satu faktur yg mempengaruhi naik turunnya trombosit itu juga adalah banyak sedikitnya asupan makanan yang masuk ke tubuh, padahal adek ga mau makan, mungkin karena perutnya masih mual.
begitu tau trombosit masih turun pada hari ke 3, aq beranikan diri tuk kasih adik vermint, menurut kakakq yang bekerja di RS, vermint bisa diberikan bersamaan dengan obat dokter tapi dikasih jeda waktu 1-2 jam. Banyak yang bilang vermint ini paling cepet meredakan sakit types. dan alhamdulillah berhasil, malam hari ke 3 adik dah ga panas lagi, makannya dah mulai banyak. besoknya trombosit adik dah naik jadi 186.
dokter juga bilang bahwa jika besok trombositnya dah naik adek bisa pulang.
alhamdullah besoknya trombosit adek naik lagi meski cuma 2.
sayangnya daqu ga sempat tanya2 ke dokter apa yang bikin adek sakit tipes, secara adek ini ga seberapa suka jajanan ciki and jajanan yang ga sehat yg banyak beredar dikalangan anak2.
tapi setelah googling di internet ada 1 jawaban yang masuk akal, types bisa disebabkan oleh makanan yang kurang bersih. secara adek masih suka memunguti benda2 yang berserakan dan memasukkannya di mulut, meskipun daqu, my hubby and kakaknya dah sering melarangnya😦
so moms perlu diingat, jika anak panas dan tidak turun2 dalam beberapa hari, baiknya perlu diwaspadai jika anak terkena types. Patut di ingat juga bahwa gejala DB sering kali mengikuti penyakit2 dalam yang diderita. dan juga bisa menyerang jika kondisi badan tidak FIT.
Smoga aja ini adalah pertama dan terakhir kalinya adek harus opname.

Artikel lainnya:
1. Ketika si kecil Panas
2. Tips Puasa untuk ibu hamil dan menyusui

3. tips memilih botol bayi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: