Tinggalkan komentar

makanan pendamping asip II


setelah diperkenalkan dengan makanan pendamping asi berupa bubur merah, moms bisa mulai memperkenalkan dengan sayur mayur dan lauknya.

Pertama kali memperkenalkan sayur baiknya moms memilih yang tidak terlalu banyak sayurnya plus yang penting kuahnya harus agak banyak.

untuk kuah moms bisa menggunakan kuah daging or ayam. tapi yang paling baik menggunakan ceker (kaki) ayam cos kandungan kalsiumnya tinggi baik buat pertumbuhan tulang dan gigi. khusus untuk kaki ayam ini baiknya moms memilih yang ayam kampung. untuk sekali pembuatan bubur bisa menggunaka 2 potong tapi jangan lupa tulangnya dipatahin jadi 2 dulu ya biar sarinya bisa keluar pas direbus.

caranya sebagai berikut:

siapkan 1 sendok besar nasi putih tambahkan kurang lebih 200ml air lalu masak sampai nasi menjadi lunak seperti bubur. baru tambahkan sayur yang sudah dipotong kecil kecil. jangan lupa ditambahin bawang, lebih baik pakai bawang bombai. tapi ingat ya moms jangan diberi gula or garam dulu…..tunggu sampai dedek berumur 1th.

setelah kurang lebih 5 menit matikan api dan dinginkan. kemudian haluskan (blend) sampai halus. Untuk bubur yang dihaluskan ini bisa diberikan selama 3 minggu – satu bulan or sampai dedek merasa nyaman untuk makan bubur yang lebih kasar.

khusus untuk ikan sebaiknya moms menghaluskannya dengan menggunakan saringan santan coz takutnya masih ada duri2 halus yang tertinggal bisa mengakibatkan tersedak. untuk daging sebaiknya moms blen terus sampai anak berusia 1 tahun atau sampai anak bisa mengunyah dengan baik.

lebih baik moms membiasakan anak dengan sayur sayur yang tidak terlalu manis dulu tapi kaya manfaatnya, seperti buncis r brokoli. tapi mesti dikit2 dulu ya coz tidak smua anak mempunyai reaksi yang sama terhadap sayur saruran ini.

tapi klo biasanya sih daqu lebih prefer menggunakan wortel, bayam or labu kuning.

setelah terbiasa dengan bubur halus moms bisa mulai memberikan bubur kasar.cara membuatnya sama hanya saja baiknya pada saat membuat bubur ini nasi dipisahkan dengan sayur dan ikannya.  untuk bubur kasar ini yang diblen hanya sayur n lauknya. nasinya ga perlu coz sudah lunak. berikan ini selama kurang lebih 2 bln. klo babyq sih mulai ta kasih nasi dan sayur tanpa di blen setelah berumur 1 tahun lebih dikit🙂

one more thing, baiknya moms membiasakan si dedek dengan 1 menu dalam 1 hari, coz klo tiap kali makan menunya di ganti ganti terus, nantinya moms sendiri yang akan repot apalagi for working moms. kalo harus memasak 3 macam makanan dalam 1 hari.

artikel terkait:

 
1. Makanan pendamping ASIP
2. Tips memasak buat working moms
3. Persiapan working moms untuk memberikan ASIP
4.Tips memilih botol bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: