Tinggalkan komentar

Persiapan Working Moms untuk memberikan ASIP


Pada tulisan sebelumnya dah dibahas apa aja yang perlu dipersiapkan untuk memberikan ASI perahan (ASIP), disini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan moms juga selain tetek bengek yang diperlukan untuk pemberian ASIP.

Pertama moms harus bener bener memperhatikan masalah stok. as this is the most important tings.  karena jika stoknya kurang kasian baby-nya. just like what happened to me. untuk anak pertama everything was runing smoothly. coz ga ada yang gangguin klo pas kita mau meres dirumah.

baiknya moms mulai memerah asi minimal pada saat si dedek berusia 1 bulan. paling tidak pada saat mom sudah masuk kerja ada stok asi minimal buat 1 bulan. jika tidak sebaiknya moms juga mengajari si dedek untuk minum formula.

bukannya mengajarkan moms untuk memberikan susu formula. but it will be better like this. ini daqu alami sendiri untuk anak yg kedua. as stok asinya ga banyak secara baru meresnya seminggu sebelum mulai kerja, ditambah dedeknya laki2. minumnya ampun2 ga bisa dikit😦 paling ga 1 hari dia butuh 6 botol @ 80ml sebelum 6 bulan. setelah ada tambahan MPASI lumayan bisa dikurangi dikit.

berhubung ga bisa meres banyak secara di kantor cuma bisa meres 1 kali, ga kaya dulu bisa meres  3 jam sekali. jadi stok asinya cuma dikit. and klo kehabisan terpaksa cuma dikasih air putih aja hik..hik..hik..

as klo dikasih formula, pasti langsung muntah2 sepanjang hari. meski pun dah dikasih bermacam2 merk dari yang paling murah sampai yang paling mahal:(

cara mengajarinya sih ga perlu banyak banyak. cukup dikasih 1 botol aja max 60ml tiap hari, yang penting dedek mau minum formula dan ga muntah2

Tapi klo moms yakin bahwa bisa menstok banyak, ga perlu kayaknya diajarin formula.

atau jika dedeknya dah 6 bulan cara mengajarinya bisa dengan mencampurkan susu formula di bubur beras merahnya. Biasanya sih daqu beri sedikit asi di buburnya, untuk mengajari minum formula bisa dengan mencampurkannya di bubur atau di biskuit adek.

dengan cara ini ian bisa belajar minum formula, meskipun ga bisa banyak, tapi lumayan lah ga kembung coz kebanyaan minum air putih🙂

artikel terkait:

1. BPA Dalam botol Bayi

2. Cara Menyimpan ASI

3. Cara Memeras ASI

4. Seputar Produksi ASI

5. Perawatan Payudara pasca melahirkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: