1 Komentar

Tips Puasa buat ibu hamil dan menyusui


//
//
Sekarang sudah dekat sama bulan Romadhon, pastinya moms ingin sekali ikut melaksanakannya. Tapi buat moms yang lagi hamil dan menyusui hal ini kadang menimbulkan kekhawatiran apakah nanti dengan puasa gizi si kecil/janin akan tercukupi, apakah anati ASI akan keluar dengan lancar etc….

Sebenarnya klo dipikir-pikir sebenarnya dengan puasa moms hanya merubah jam makan saja, dari yang biasa makannya di pagi sampai malam, klo pas puasa moms makannya dari malam sampai pagi. so nothing to worry…

Berikut beberapa tips berpuasa untuk ibu hamil dan menyusui:

1. Perhatikan asupan gizi.Sebenarnya asupan gizi untuk ibu hamil dan menyusui itu hampir sama, butuh protein,karbohidrat dan sedikit lemak. disini daqu ga akan memberikan prosentase berapa banyak masing masing dibutuhkan.yang pertama ga mungkin kita mau menimbang2 berapa banyak yang harus dimakan. just like me i never count how much protein i ate, how much fat i supply. yang penting ada ikan, ada sayur dan nasi.
Tapi memang lebih baik adalah gandum as gandum bisa memberikan energi ekstra dan membuat kita tidak mudah lapar n lemas.
usahakan untuk tetap makan besar 3 kali diselingi makan ringan selama masa berbuka sampai sahur. klo aq dulu biasanya habis sholat magrib, jam 10 malam sama sahur diriq makan besar.sebelum sahur dan setelah tarwih makan snack, jus, or buah2an.(tapi ini cuma pas menyusui aja, pas hamil lebih beratan tidurnya dari pada makannya ;D )
2. perhatikan juga asupan cairan yang masuk ke tubuh. sebaiknya selama waktu berbuka sampai sahur moms mengkonsumsi minimal 2 liter air.tapi jangan sekaligus ya mom🙂
3. usahakan untuk berbuka dengan minuman yang hangat dan manis untuk mengembalikan energi yang terkuras selama puasa. lebih baik moms mengkonsumsi kurma pada saat berbuka. pengalaman sendiri sih.klo berbuka dengan didampingi kurma, badan cepet menjadi bugar lagi lemes2 jadi ilang.
4. untuk moms yang menyusui selama bulan puasa jadwal laktasinya sebaiknya dilakukan sesaat sesudah makan besar, setelah buka puasa, sahur atau paling tidak klo pagi sampai jam 6 pagi ASI masih deres.
5. sebaiknya moms yang menyusui tidak perlu memgkonsumsi makanan atau supplement untuk menderaskan ASI coz takut babynya kekurangan ASI selama puasa. karena hampir 80% produksi asi tergantung dari isapan/demand dari the baby dan psikologis ibu. Takutnya dengan tambahan ini produksi asi semakin deres sedangkan moms kurang asupan cairan sehingga malah dehidrasi and akhirnya ga bisa puasa….so just believe that bayi tidak akan kekurangan ASI karena moms puasa.
6.usahakan untuk banyak istirahat, buat moms yang menyusui sebauknya memberikan waktu buat tubuh untuk istirahat minimal 10 menit setelah menyusui. Untuk lebih menghemat energy agar tidak sampai lemes….

selama puasa bagi para moms to be gerakan janinnya bisa bervariasi, for me selama puasa gerakan dedek didalam malah lebih kuat, sampe rasanya perut mau sobek. mungkin dia merasa lapar….tapi ada juga yang selama puasa itu gerakan janinnya lebih lembut mungkin dianya lagi menghemat energy..😀

Dari semua itu yang terpenting adalah management hati dari para moms, selama moms percaya bahwa dengan puasa tidak akan mengurangi asupan gizi baby/janin, everythings gonna be just fine….
Met berpuasa……

One comment on “Tips Puasa buat ibu hamil dan menyusui

  1. […] Artikel lainnya: 1. Ketika si kecil Panas 2. Tips Puasa untuk ibu hamil dan menyusui […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: