Tinggalkan komentar

Cara Menghindari Lecet saat Laktasi


Pada new moms masalah lecet selama masa laktasi emang selalu menjadi momok nomor satu, bahkan untuk para moms yang sudah pernah melahirkan pun kadang ini masih sering menjadi masalah.
Pada masa2 awal laktasi biasanya belum sampai 2 minggu Payu dara (PD) mom sudah lecet malah kadang sampai berdarah darah. Terkadang ini yang membuat para moms biasanya menghentikan sementara laktasi di PD yg lecet. klo dah begitu kan selain kasihan baby-nya juga akan mempenaruhi produksi ASI coz iasan bayi adalah stimulus paling baik untuk kelancaran produksi ASI bunda.
Sebenarnya hal ini bisa dihindari coz penyebab PD lecet adalah kondisi kulit PD yang kering. jadi solusinya gampang ….jaga agar kondisi PD senantiasa bersih dan lembab. atau bisa juga moms pake pelindung payudara bentuknya semacam shield plastik tipis yang ditempelakn diputing dan ada lubang ditengahnya buat jalan keluarnya ASI sehingga mom teteap bisa menyusui tanpa bayi bersentuhan langsung dengan kulit PD. Tapi cara ini tidak terlalu nyaman baik buat moms atau bayinya.
Nah untuk menjaga agar kondisi PD tetap lembab ada berbagai macam trik:
1. Bersihkan PD setiap kali sebelum dan sesudah proses laktasi. ini bisa dilakukan dengan cara senantiasa menyiapkan kapas dan air hangat tempat2 dimana moms biasanya melakukan laktasi bisa dikamar tidur,diruang keluarga or else. tapi yang perlu diperhatikan bahwa kapas dan air ini harus senantiasa dalam kondisi tertutup untuk menjaga kebersihannya. and untuk airnya memang sebaiknya hangat coz dengan air hangat juga bisa menjadi stimulus untuk memperlancar ASI. Jika tidak bisa tidak apa2, tapi yang perlu diingat bahwa air ini harus sering2 diganti biar tetep higenis. akan lebih bagus sih klo tempatnya kecil aja jadi tidak terlalu banyak air yang terbuang.
2. Jika kulit PD sudah terlanjur lecet, mom harus sering2 memberi pelembab.untuk ini daku menyarankan menggunakan minyak kelapa coz selain tidak berbahaya minyak kelapa ini juga mempunyai fungsi untuk mengeringkan luka jenis apapun (i have tried many times. and its work).
Lebih baik klo minyak kelapanya adalah bikinan sendiri.
jadi tiap2 selesai laktasi moms harus mengoleskan merata disekitar puting and pada saat mau laktasi bersihkan dulu dengan kapas agar minyak tidak tertelan oleh bayinya.Biasanya cuma butuh waktu 2 hari agar lecetnya bisa sembuh.

cara ini efektif untuk mencegah lecet2 selama masa laktasi…so mom…have a great lactation time…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: