Tinggalkan komentar

TIPS MEMASAK BUAT WORKING MOM


Memasak kadang merupakan suatu keharusan buat para moms apalagi bagi yang mempunyai anak kecil. sebisa mungkin kita harus memasak sendiri tidak beli di luar. Dengan memasak sendiri kita dapat menjamin bahwa masakan kita bebas msg dan teman-temannya.

Terkadang untuk ibu2 pekerja apalagi yang berangkatnya mesti subuh memasak merupakan hal yg sangat merepotkan bahkan cenderung tidak memungkinkan untuk dilakukan. mungkin ada beberapa moms yang mengakalinya dengan memasak di malam hari, but some times it’s tiring.coz biasanya pulang kerja bawaannya capek.

But dengan trik berikut hal itu bisa sedikit diatasi.berikut adalah langkah langkahnya:
I. treatment untuk Sayuran
1. Biasakan untuk berbelanja bahan2 makanan minimal seminggu sekali.usahkan untuk membeli lebih banyak sayur mayur yang tidak mudah layu.
2. setelah belanja semua sayur sayuran harus dicuci bersih. dan biarkan sampai kering.untuk beberapa sayuran memang diperlukan tretment lebih. misalnya untuk brokoli hijau sesudah kita mencucinya kita mesti siram dengan air panas dulu baru disimpan.
3. siapkan wadah yang kedap udara semacam tupperware atau lock n lock.
4. potong-potong sayuran sesuai dengan rencana menu makannya. tapi tidak semua sayuran harus dipotong pada saat penyimpanan misalnya kentang dan terong.untuk bayam dan kangkung pastikan daun benar2 kering sebelum disimpan coz kedua sayuran ini paling cepat busuk.
5. tempatkan sayuran terpisah sesuai dengan jenisnya masing masing.
6. masak sayuran yang mudah busuk terlebih dahulu
7. untuk tahu setelah dicuci bersih siram dengan air panas, kemudian biarkan dingin baru dimasukkan ke lemari es. biasanya tahu bisa bertahan sampai 1 minggu tanpa jamuran dan waktu digoreng atau diolah menjadi bahan lainnya rasanya masih enak.

II. untuk bumbu.
secara garis besar sama semua harus dicuci bersih dulu.
untuk bawang daun dan bawang pre jangan memotong akarnya coz ini bisa membuat mereka cepat layu. jadi cuci besih dengan akar2nya keringkan baru masukkan ke dalam tempat kedap udara.
untuk moms yang suka dengan masakan bersantan, ada dua cara penyimpanan.
1. beli kelapa parut. trus bagi sesuai dengan kebutuhan. masukkan kedalam plastik dan simpan di freezer. pada saat akan menggunakan biarkan dia samapai mendekati suhu ruang dan siram dengan air hangat. coz bila disiram dengan air biasa kemungkinan besar air santan tidak akan keluar.
2. peras semua kelapa lalu masak sampai mendidih biarkan sampai dingin setelah itu pisahkan sesuai dengan kebutuhan dan tutup rapat.trus simpan di freezer.

untuk bawang dan cabai merah setelah dihaluskan tumis sampai benar benar matang detelah dingin masukkan ke wadah dan simpan di lemari es. jadi ketika mau memasak tinggal ambil seperlunya saja. atau mom bisa membagi2nya sesuai dengan takaran memasaknya.jika tidak mau dibagi-bagi apabila mau mengambil bawang atau cabai sendok harus benar2 kering dan bersih. coz jika tidak dapat menimbulkan jamur.

jika bawang tidak perlu dihaluskan, mom cukup mencucinya kemudian kulit dikupas dan taruh di lemari es.tapi untuk bawang putih memang rasanya kurang mantap jika dikupas dulu. klo aq sih biasanya klo bawang putih ga pake acara simpan menyimpan. hanya bawang merah aja yg biasanya dikupas dulu baru dimasukkan ke lemari es. tapi jangan sekali2 menyimpan bawang merah yang masih ada kulitnya di lemari es coz hanya dalam waktu 2 hari bisanya akan tumbuh akar dan daunnya.

untuk bumbu rempah2 semacam merica,ketumbar,kemiri dan sejenisnya setelah dicuci bersih, jemur sampai kering kemudian disangrai sampai matang.klo moms masih punya banyak waktu luang bisa sekalian dihaluskan jadi lebih mudah klo mau digunakan.

Jika memang semuanya sudah tertata seperti itu untuk memasak sayur tidak akan memakan waktu lebih dari 15 menit coz semua sudah tersedia tinggal dimasuk2kan aja.

untuk ikan sebaiknya belanjanya 2-3 hari sekali cos biasanya ikan akan berubah rasanya jika disimpan dilemari es lebih dari 4 hari even though we keep it at freezer.setelah kita membeli ikan setelah dicuci bersih beri sedikit asam jawa atau bisa juga diberi jeruk nipis dan kunyit/jahe sesuai selera. hal ini berguna untuk menghilangkan bau amis.

khusus untuk daging setelah dicuci dengan air bersih klo bisa sih dibungkus dengan daun jati dulu baru masukkan di wadah, daku tidak tau apa yang terkandung dalam daun jati tapi dengan dibungkus daun jadi danging yang disimpan masih kelihatan fresh meski dah ada di frezeer selama 1 minggu.

untuk semua bahan makanan yang tersimpan di freezer klo memang ada rencana untuk dimasak besoknya usakan malam harinya bahan tersebut dikeluarkan dr frezeer dan taruh di refrigerator.jadi sewaktu kita mau masak bahan makan sudah lunak.

memang untuk melaksankan ini smua moms harus mengorbankan waktu libur kerja untuk mempersiapkan semuanya.but family need comes first.

thats all….semoga dengan mengikuti trik berikut working moms masih bisa memasak……met mencoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: