Tinggalkan komentar

Manfaat Arang


Arang yang selama ini kita sepelekan dan hanya kq cari pada saat acara bakar-bakar ternyata mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun tuk hal lainnya. Berikut ini ada beberapa manfaat arang yang dirangkum dari berbagai sumber (manfaatarang.org)
1. Penghantar zat antikanker pada tubuh manusia
Riset terbaru, arang diubah menjadi penghantar zat antikanker pada tubuh manusia.Penelitiannya dilakukan Japan Science and Technology Agency dan Japan Cancer Insitute, Jepang. Arang atau karbon diubah menjadi nanohorn, sejenis batang berukuran sepersejuta meter yang salah satu ujung silindernya meruncing dan tertutup seperti tanduk. Pada ujung itu, disempalkan butiran 1-2 nanometer obat kanker bernama cisplatin. Mirip memasukan obat ke dalam kapsul. Setelah disuntikkan ke tubuh pasien, nanohorn mengalir dalam darah, tidak menyebar ke seluruh tubuh tetapi hanya terakumulasi di dalam sel-sel kanker. Sebab, sifat sel kanker lebih mudah menyerap benda-benda berukuran 100 nanometer dibandingkan sel tubuh lainnya. Setelah berkumpul di dalam sel kanker, obat dalam kapsul nanohorn itu perlahan lepas untuk mematikan sel kanker. Sistem penghantar obat itu lebih efektif untuk pemusnahan kanker dan tumor serta tanpa efek samping.

2. Obat awet Muda
Penelitian lain dilakukan Richard C. Kaufman, Ph.D dari National Health Federation, Minessota, Amerika Serikat. Arang terbukti bersifat antipenuaan dan memperpanjang umur sebanyak 40% hewan percobaan. Itu karena arang menjaga sensitivitas tubuh dari bahan kimia dan racun yang merusak sel tubuh. Arang juga menyeimbangkan metabolisme lemak, menurunkan kinerja sintesis protein pemicu penuaan, penurunan RNA, penghambat arteriosklerosis dan fibrosis. Dosis yang dianjurkan sebanyak 30 gram per hari diminum 2 kali seminggu saat perut kosong.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Arang sebagai pereduksi kolesterol dan penghambat penyakit dilansir oleh British Journal of Nutrition. Sejumlah pasien berkolesterol tinggi yang diberi konsumsi 8 g arang per hari turun 25% dari total kolesterol, 41% kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein), serta melipatgandakan rasio HDL/LDL kolesterol. Itu karena arang menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner.
Caranya, sebelunya tumbuk arang hingga halus kemudian campurkan dengan kira2 2 gelas air, kemudian rebus hingga menjadi 1 gelas baru kemudian diminum

4. Penyerap Racun
Bubuk arang aktif adalah salah satu obat paling manjur untuk menghentikan diare. Contohnya, diare yang disebabkan oleh cholera atau keracunan makanan. Dosis dewasa ialah 2 sendok makan penuh bubuk arang aktif diberikan 4 kali sehari ditambah 2 sendok makan bubuk arang setiap kali mencret.
Berikan minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari sebagai tambahan. Bubuk arang aktif boleh digunakan sendirian atau digabung dengan obat yang mengandung kaolin untuk menghentikan diare. (arangobatajaib.org)
Selain itu untuk menghilankan racun pada masakan bagi yang alergi dengan seafood, bias dengan cara memasukkan arang yang sudah disterilkan kedalam masakan. Hal ini tidak akan merubah rasa maupun aroma (just like my mother always do if she’s cooking sea food)

5. Bahan untuk membuat baju, selimut dll
arang mampu melepaskan sinar ultra inframerah yang menghangatkan tubuh. Ia memperbaiki peredaran darah, melepaskan ion negatif yang menyeimbangkan energi dalam tubuh, serta bekerja pada sistem parasimpatetik sebagai penenang pikiran dan badan. Benang arang bersifat antimikroba, menyerap bau lebih baik, dan menghalau radiasi gelombang elektromagnetik perusak sel tubuh

6. Pupuk/penyubur tanaman
Takehiko Hoshi dari Tokai University, Jepang, meneliti efek arang terhadap tanah perkebunan teh selama 10 tahun di bagian timur Shizuoka,Jepang. Arang yang ditaburkan di sekeliling tanaman teh masing-masing 100 g
memberikan efek pertumbuhan tinggi dan volume produksi meningkat 40% dibanding
tanaman yang tak ditaburi arang. Penyebabnya, arang mengubah air yang
terperangkap dalam tanah menjadi air mineral lantaran berikatan dengan
mineral-mineral arang.
Arang juga mengikat nutrisi di udara seperti nitrogen penyebab pH di dalam
tanah tetap netral. ‘Selain kaya mineral arang juga bersifat antibakteri dan
beberapa jenis asam-asam penyubur tanaman,’ kata Tjuju. Konsep itulah yang
diterapkan Korea Selatan untuk menjaga kesuburan rumput lapangan golf. ‘Minimal
satu ton arang batok kelapa untuk lapangan golf yang dipakai di lapisan
ketiga,’ kata Jhony. Manfaatnya, menyerap kelembapan berlebih sehingga cendawan
tidak berkembang dan menghalau hama-hama perusak rumput.

But above all, klo mo memakai arang sebaiknya disteril dulu dengan cara dibakar ulang, coz biasanya penjualnya suka naruh sembarangan takutnya banyak kotoran2 yang numpang masuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: