Gerakan Janin dalam Kandungan


For pregnancy moms, gerakan bayi merupakan pengalaman yang paling menyenangkan meskipun terkadang gerakan itu menyakitkan. Untuk mom yang baru pertama kali hamil biasanya gerakan baru mulai terasa ketika mom memasuki usia kandungan 5 bulan. itupun hanya sedikit terasa kalo gerakan janinnya sedikit kuat.

As my first pregnancy, pada saat usia kandungan masuk bulan 5 mulai sedikit terasa itupun kalo tendangannya keras. ini baru ketahuan pada saat USG dimana nela kelihatan berputar2 dan menendang nendang, tapi daqu kadang bisa merasakannya kadang tidak.

but it was different for my fourth pregnancy. masuk bulan ketiga daqu sudah mulai merasakan detak jantungnya. tapi hal itu bisa dirasakan klo pas berbaring rileks. klo pas kita aktifitas sih masih belum bisa merasakannya.

in other hand, dads biasanya baru bisa merasakan gerakan bayi saat mom memasuki usia kandungan 7 bulan.

Jika mom sudah bisa merasakan gerakan janin. baiknya mom rajin2 memantaunya, untuk mengetahui kondisi janin. jika gerakannya aktif bertanda klo janin kita sehat. tapi jika tidak ada gerakan janin mom bisa memancingnya dengan makan, menggosok pusar atau menepuk2 halus perut moms. dan biasanya janin akan langsung aktif bergerak jika moms makan.

Disiang hari janin moms jarang mersakan gerakan bayi, hal ini disebabkan mungkin moms lagi banyak kegiatan jadi tidak terlalu konsentrasi pada janin.beda klo pada malam hari biasanya mom akan semakin merasakan gerakan bayi. Memang bayi kan semakin aktif bergerak klo moms habis makan sama klo malam hari.

Tadak perlu menghawatirkan janin jika gerakannya tidak terlalu kuat. coz tiap janin mempunyai kebiasaan yang berbeda2, ada yang gerakannya halus, sedikit dan ada pula yang gerakannya kenceng sampai bikin mom kesakita. but thats one of the art of pregnancy :)

Jika sampai dengan 24 jam mom tidak bisa merasakan gerakan janin paling sedikit 10 X, dan ini berlangsung lebih dari 1 hari, better jika mom langsung memeriksakan kondisi janin ke dokter. But don’t be too worry ada kalanya janinnya memang lagi malas untuk bergerak.so moms harus rajin2 memancing agar janin mau aktif bergerak lagi, and perlu diingat tya mom kecemasan moms bisa mempengaruhi kondisi janin. so just relax…..and enjoy the pregnancy period.

About these ads

13 gagasan untuk “Gerakan Janin dalam Kandungan

  1. Ping-balik: gumoh / muntah pada bayi | ibunyanailablog

  2. hai ibu naila..
    saya baru mau 5 bulan nih.. tapi baru sesekali merasakan gerakan janin.. kadang cuma 5x shari aja.. ga sampe 10x normalnya umur brapa bulan janin benar2 aktif ya bu? saya kurang bnyak paham karna ini hamil pertama.. :) thanks before..

    • Gerakan janin ini sih terkadang juga tergantung sama bayinya. kadang ada yg memang aktif ada juga yang bayinya malas buat gerak :) selama menurut dokter janinnya sehat don’t be worry. biasanya usia 5 bulan gerakan janin sudah banyak tapi ibu belum bisa selalu merasakannya. biasanya sih usia 7 bulan baru terasa sekali gerakannya :) jadi positif thinking aja ya….ini pengaruhnya besar buat bayi…..klo ibu tenang kehamilanpun akan berjalan lancar…ejoy the pregnancy time….

  3. hay bunda , 4hr lg usia kandungan ak 5bulan tp ak blum ada ngrasain gerakan janin nih , ad sh kya ngilu , nyeri2 it jga jarang bnget , ak tkut nh qlo janin ak ga shat , kt dkter spog sh janin tmbuh sehat dn d.usg kelytan kaki ny gerak kya berenang ,, d.bnttu ya bun

    • biasanya sih untuk kehamilan nak pertama, mom belum bisa meraskan gerak bayinya. masuk bln enam pun masih terasa sedikit. tapi gerakan ini akan lebih terasa setelah masuk bulan ke tujuh. so be patients, as long as dokter bilang bayi sehat ga perlu khawatir…just enjoy the pregnancy time…….:)

  4. Hai,ini okta. .
    Mau tany bunda,usia kandungan q ini ud 6bln jln,tp q gk merasakan gerak bayi q dan wkt di usg dia tdk kelihatan itu knp yah?

    • hai juga okta….
      seharusnya sih di usia kehamilan 6 bulan bayi sudah keliahatan, dan gerakan janin sudah mulai dirasakan sama bunda. apa tidak ada komentar dari dokter masalah kehamilan yang sampai enam bulan belum kelihatan. saya sendiri ga tau pasti kenapa tidak kelihatan waktu USG. Baiknya okta mencari second opinion untuk masalah ini. agar klo ada apa2 dengan janinnya dapat segera ditangani. hopefully everything gonna be okay?

  5. Slm knal bun ……
    Kandunganq da memasuki bln ke’6 end gerakannya aktif bnget tp hri2 ni gerakan janinq jarang bun itu gmnaya bun,in k’hamilanq yg pertma bun jd gak terlalu tau….

    • tergantung dari bayi bun. mungkin si dedek emang males gerak, jangan terlalu khawatir. selama dalam satu hari masih ada gerakan that’s ok. klo dokter bilang bayinya sehat. jangan terlalu khawatir ya…

  6. hy , usia kandunganku udah 7 bulan tua nich .
    hmm , msalah tendangan bnyak skali muncul .
    ada yg terasa bersamaan , seperti kanan kiri , ada juga sebelah …
    hmm , aku hamil anak pertama jadi msh degdegan nich :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s